MAKALAH
APLIKASI KOMPUTER
Microsoft Office Outlook 2003
![]() |
Disusun Oleh :
Khotimatul Husna
Nur jannatul lahus solikha
Arum novita sari
Muhammad nahar
Arif syarifuddin
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA
IKIP BUDI UTOMO MALANG
PROGRAM STUDI EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN
2015
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur patut kita
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan berkat dan rahmat-Nya,
sehingga penulis mampu menyelesaikan makalah yang sederhana ini pada waktunya
dengan baik meski banyak kekurangannya. Dalam makalah yang berjudul Microsoft
Office Outlook ini, penulis mencoba
menyajikannya dengan gambarnya.
Makalah ini dibuat sebagai tugas
mata kuliah aplikasi komputer. Penulis hanya berharap, mudah-mudahan, makalah
yang singkat ini mampu memberikan manfaat serta pengetahuan kepada para pembaca
yang budiman.
Penulis sampaikan pula ucapan
terima kasih kepada Teman-teman mahasiswa(i) serta dosen pembimbing
matakuliah alikasi komputer atas bantuan dan ilmunya yang telah dan akan
diberikan.
Akhirnya, penyusun menyadari akan
keterbatasan kami sebagai manusia. Makalah ini belumlah sepenuhnya sempurna,
oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi
kesempurnaan makalah selanjutnya.
Penulis
DAFTAR ISI
BAB I
PEMBUKAAN
1.1 Latar Belakang
Dimasa dewasa ini yang terletak di zaman globalisasi atau
juga sekarang kita berada di zaman teknologi yang kita jangan sampai tergialas
oleh teknologi tetapi kita harus mampu ngikuti perkembangan teknologi sekarang
ini dan masa akan datang. Seperti menulis surat, makalah, buku, dan skripsi dan
lain-lain dulunya di tulis dengan menis ketik, yang sifatnya lambat dan sulit
proses pengerjaannya dan hasilnya tidak terlalu baik. Tetapi sekang sudah ada
namanya computer yang memiliki banyak keunggulan yaitu hasil bagus, mudah dan
cepat selesainya. Kalau di computer tedapat softwere pengolah anggka dan kata,
pengolang anggka yaitu Mikrosoft Excel dan kalau pengolah kata disebut
Mikrosoft Word, sebenarnya masih banyak aplikasi lain tetapi aplikasi tadi
adalah aplikasi terbaik di masa ini yang dibuat oleh perusahan mikrosoft
Corpion.
Tetapi perkembangan zaman sangatlah cepat maka muncullah
yang namanya internet sebagai sumber informasi baik bersifat positif atau
negative. Karena internet adalah kumpulan jaringan-jaringan komputer yang
saling berhubungan dan saling bertukar informasi. Seperti kita dapat mengirim
surat secara elekronik, kita dapat membuat blog serata kita dapata membuat
website. Oleh sebab itu kita harus terus belajar karena teknologi tidak
bersifat stagnan atau berhenti terapi bersifat dinamis yang senantiasa bergerak
dan berkembang seiring bekembangnya pola pemikiran dan kebutuhan manusia yang
harus di permudah.
1.2. Rumusan Masalah
Bedasarkan latar belakang diatas dapat rumuskan masalah sebagai
berikut:
- Bangaimanakah Mikrosoft Excel itu?
- Bagaimana proses penggunaan Vlookup?
- Bagaimana proses penggunaan Pivot Table & Chart?
- Apa yang dimaksud Office Visio?
- Bagaiman proses pembuatan flowchar di Office visio?
- Apakah yang dimaksud dengan internaet?
- Apakah yang dimaksud Email?
- Bagaiman proses mendaftar Email di Gmail?
- Bagaimana membuat label di Gmail?
- Apakah yang dimaksud dengan blog?
- Bagaimana proses pembuatan Blog?
1.3. Tujuan
Bedasarkan Rumusan Maslah diatas
dapat diketahui Tujuan makalah ini sebagai berikut:
2.
Bekerja dengan e-mail ?
3.
Mengorganisasikan pesan e-mail ?
4.
Outlook bekerja dengan kalender ?
5.
Outlook mengelola meeting ?
6.
Outlook bekerja dengan Task ?
7.
Outlook bekerja dengan notes ?
1.4. Manfaat
Penulis
berharap makalah ini dapat berguna bagi siapa saja yang membacanya baik sekedar
membacanya saja maupun yang serius membacanya, Isya Allah. Tetapi Karena
tulisan ini ilmiah yang harus bersifat logis dan juga sistematis maka manfaat
lainnya adalah,
- Secara teoritis, dari makalah ini di harapkan pembaca dapat mengetahui seluk-beluk tentang Mikrosoft Excel outlook,tentang Email.
- Secara praktis, hasil makalah ini dapat sebagai bahan referensi untuk menyelesaikan tugas mau pun keperluan terkait tentang Mikrosoft Excel outlook,tentang Email. dengan Manfaat lainya, semoga dapat menjadi pengetahuan atau wawasan bagi pembaca.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.Memulai Microsoft Office Outlook 2003
Microsoft Outlook adalah manajer
informasi pribadi dari Microsoft, yang tersedia baik sebagai aplikasi terpisah
serta bagian dari Microsoft Office suite. Versi saat ini adalah Microsoft
Outlook 2010 untuk Windows dan 2011 untuk Mac. Meskipun sering digunakan
terutama sebagai aplikasi e-mail, juga termasuk kalender, task manager, pengelola
kontak, mencatat, sebuah jurnal dan browsing web.
Hal ini dapat digunakan sebagai aplikasi yang berdiri sendiri, atau bisa bekerja dengan Microsoft Exchange Server dan Microsoft SharePoint Server untuk beberapa pengguna dalam suatu organisasi, misalnya mailbox bersama dan kalender, folder Exchange publik, daftar SharePoint dan jadwal pertemuan. Ada pihak ketiga add-on aplikasi yang mengintegrasikan Outlook dengan perangkat seperti ponsel BlackBerry dan dengan perangkat lunak lain seperti Office & komunikasi Skype internet. Pengembang juga dapat membuat perangkat lunak kustom mereka yang bekerja dengan Outlook dan Office komponen menggunakan Microsoft Visual Studio. Di samping itu, Windows Mobile perangkat dapat menyinkronkan hampir semua data Outlook ke Outlook Mobile.
Banyak manfaat yang dapat anda peroleh jika anda mendownload
email yang ada dimailbox ke program email client, seperti: Outlook Express, Ms
Outlook, Netscape, Opera dan lain-lain, antara lain:
1) Anda dapat membaca email
secara offline.
2) Anda memiliki backup email
di PC.
3) Proses pengambilan dan
pengiriman email yang lebih cepat.
Untuk
bersaing dengan rival berat yaitu Yahoo Mail dan Gmail akhirnya Microsoft
melakukan perubahan besar pada layanan Emailnya . Outlook.com sebagai pengganti
layanan Hotmail diharapkan bisa mengambil hati pengguna email yang saat ini
memang didominasi oleh Yahoo Mail dan Gmail.
Informasi dari
Reuters(31/07) Hotmail masih penguasa pasar dengan menguasai 36 persen pasar
layanan email dunia. Namun dengan GMail dengan cepat mengejar penguasaan karena
menguasai 31 persen. Pemain lain Yahoo statis dengan 34 persen.Tentunya ada
beberapa kelebihan yang di tawarkan Microsoft terkait layanan Outlook ini.
Berikut beberapa kelebihan Email
Outlook tersebut :
- Tampilan baru lebih elegan dan simpel
- Dapat terhubung dengan social
- Kita dapat melihat dan mengedit dokumen Office yang telah terintegrasi dengan layanan media penyimpanan awan SkyDrive.
- Kapasitas SkyDrive 7 GB.
- Kita bisa membuat folder terserdiri untuk memisahkan pesan email yang masuk sesuai kategori yang kita inginkan.
- Pembersih spam yang handal
Dengan
berbagai kelebihan itu Microsoft berharap mempertahankan pangsa pasarnya,
bahkan meningkatkan-nya. Seperti diketahui sebelumnya Outlook adalah
sebuah nama yang familiar karena telah menjadi platform offline email milik
Microsoft.
- Jalankan Outlook.
- Pada menu Tools, klik untuk memilih E-mail Accounts.
- Pada kotak dialog E-mail Accounts, klik untuk memilih opsi Add a new E-mail Account, dan kemudian klik Next.
- Pada kotak dialog Server Type, klik POP3, dan kemudian klik Next
- Pada kotak dialog E-mail Accounts, masukkan informasi yang dibutuhkan dengan menggunakan petunjuk berikut:
a.
Informasi Pengguna
§ Nama
Anda: Harus menggunakan nama lengkap Anda.
§ Alamat
email: ISP menyediakan informasi ini. Alamat email biasanya menggunakan bentuk
kombinasi nama depan, nama belakang dan nama ISP, dipisahkan oleh tanda (@) dan
tanda titik. Sebagai contoh, Vera Susanti menggunakan ISP yang bernama
Adatum.net.id. ISP mungkin memberikan alamat email VeraS@adatum.net.id.
b.
Informasi Log Masuk
§ Nama
pengguna: Ini biasanya merupakan bagian alamat email yang terletak di sebelah
kiri tanda (@).
§ Kata
sandi: Masukkan kata sandi yang disediakan oleh ISP.
§ Anda
mungkin ingin memilih kotak centang agar Outlook mengingat kata sandi untuk
akun email Anda.
c.
Informasi server
§ Server
email masuk (POP3): Ini adalah nama dari server POP3 yang menyimpan email Anda
sebelum diunduh ke komputer.
§ Server
email ke luar (SMTP): Ini adalah nama server email ke luar. Masukkan nama
server dalam huruf kecil untuk server email masuk dan server email ke luar.
Nama server mungkin berbentuk seperti mail.adatum.net.id, atau bisa juga
berbentuk alamat IP seperti 168.192.10.1.
Klik Test Account Settings. Ini adalah kemampuan baru di Outlook. Fitur
ini akan menampilkan kotak dialog yang akan melakukan pengujian terhadap
konfigurasi yang sudah Anda masukkan, langkah demi langkah. Berikut ini yang
akan terjadi ketika Anda mengklik Test
Account Settings:
o Konektivitas
sistem ke Internet dikonfirmasi.
o Anda
log masuk ke server SMTP.
o Anda
log masuk ke server POP3.
o Ditentukan
apakah server POP3 harus log masuk terlebih dahulu. Jika dibutuhkan, secara
otomatis Outlook mengatur Log on to incoming mail server before sending
mail.
o Pesan
pengujian dikirim. Pesan ini menjelaskan setiap perubahan yang dilakukan oleh
Outlook sejak pengaturan awal.
Klik More Settings. Ini akan membawa Anda ke kotak dialog Internet E-mail Settings, di mana Anda
dapat lebih lanjut melakukan modifikasi terhadap akun email Internet.
Kotak
dialog Pengaturan Email Internet
Informasi
yang Anda masukkan di bagian "Bagaimana cara mengkonfigurasi informasi
layanan email Internet" ditambahkan ke berbagai tab di kotak dialog Internet E-mail Settings. Ini adalah di mana Anda membuat modifikasi dan perubahan
pada akun email Internet Anda.
Tab umum
Tab
General adalah lokasi yang Anda
gunakan untuk mengubah nama akun email Anda.
- Mail Account: ketik nama akun ini.
- Organization: Nama perusahaan Anda; masukan ini tidak dibutuhkan.
- Reply E-mail: Ini opsional dan hanya digunakan jika Anda ingin penerima membalas email yang Anda kirim ke alamat email lain.
Tab server ke luar
Tab
Outgoing Server adalah tab baru
untuk Outlook. Tombol Test Account
Settings menetapkan semua bidang yang diperlukan pada tab ini.
Catatan Tombol ini tidak tersedia pada tab ini di Outlook 2007. Fitur ini tersedia di kotak dialog Account Settings. Untuk menemukan fitur ini, klik akun, dan kemudian klik Change.
Catatan Tombol ini tidak tersedia pada tab ini di Outlook 2007. Fitur ini tersedia di kotak dialog Account Settings. Untuk menemukan fitur ini, klik akun, dan kemudian klik Change.
- Kotak centang My outgoing server (SMTP) requires authentication: Klik untuk memilih kotak centang ini untuk mengaktifkan pengaturan, dan untuk memilih jenis otentikasi log masuk yang dibutuhkan pada server.
- Kotak centang Log on using Secure Password Authentication (SPA). Klik untuk memilih kotak centang ini hanya jika ISP Anda meminta Anda untuk menggunakannya. Sangat sedikit ISP yang menggunakan pengaturan ini.
- Kotak centang Log on to incoming mail server before sending mail. Banyak ISP yang memerlukan bahwa Anda harus menerima email terlebih dahulu. Ini menyiratkan bahwa Anda adalah pengguna yang terotentikasi, dan tidak menggunakan ISP untuk mengirim email komersial yang tidak diinginkan (SPAM).
Tab sambungan
1. BagianSambungan
Tab Connection berisi informasi tentang cara menyambung ke server email Anda. Ada tiga cara untuk menyambung ke server email ISP Anda. Pilih salah satu jenis sambungan yang sesuai yang tercantum dalam bagian ini.
Tab Connection berisi informasi tentang cara menyambung ke server email Anda. Ada tiga cara untuk menyambung ke server email ISP Anda. Pilih salah satu jenis sambungan yang sesuai yang tercantum dalam bagian ini.
a.
Connect using my local area network (LAN):
Sambungan ini memungkinkan Anda untuk log masuk ke server email Anda melalui
jaringan yang ada. Konfigurasi jaringan Anda harus mendukung akses ke Internet.
Silahkan hubungi administrator jaringan Anda untuk informasi lebih lanjut.
b.
Connect using my phone line:
Layanan email Internet akan menggunakan koneksi jaringan Dialup untuk bisa log
masuk ke ISP Anda, mencoba untuk menyambung ke server email ISP Anda. Apabila
bagian ini tidak tersedia (berwarna abu-abu), ini dapat menunjukkan bahwa fitur
Microsoft Windows Dialup Networking tidak terpasang pada komputer Anda.
Silahkan merujuk ke bagian "Apa yang harus dilakukan jika jaringan dialup
tidak terpasang" dari artikel ini untuk informasi lebih lanjut.
c.
Connect Using Internet Explorer's or a 3rd Party Dialer:
Jika Anda mengklik untuk memilih opsi ini, Outlook menggunakan standar metoda
sambungan yang telah terkonfigurasi.
Bagian Modem
.
Setelah Anda klik Connect using
my phone line, Anda harus menentukan koneksi jaringan Dialup yang akan
digunakan. Anda dapat memilih sambungan dari daftar, atau Anda bisa mengklik Add untuk membuat sambungan baru.
a.
Untuk mengedit properti dari sebuah
sambungan, gunakan kotak daftar jatuh-ke-bawah untuk memilih sambungan yang
diinginkan, dan kemudian klik Properties.
Ini akan membawa Anda ke halaman properti dari sambungan yang ada.
2.2. Cara mentransfer email Internet
Informasi
berikut adalah empat cara untuk mengirim dan menerima email Internet.
- Tekan F9 pada papan tombol: Jika Anda menekan F9, jenis sambungan Anda akan diverifikasi, dan kemudian mengunggah email dari kotak keluar Anda dan mengunduh email dari server. Jika Anda menggunakan sambungan LAN, pesan mengalir tanpa kotak dialog lain. Jika Anda terhubungke ISP menggunakan modem, koneksi jaringan Dialup dimulai dan menetapkan sambungan. Pesan mengunggah dari kotak keluar Anda dan mengunduh dari server.
- Pada menu Tools, arahkan ke Send/Receive, dan kemudian klik Send/Receive All atau klik nama akun email: Anda dapat memilih hanya mengirim email saja. Pada menu Tools, arahkan ke Send/Receive, dan kemudian klik Send All. Pilihan ini tidak mengunduh email apa pun dari server. Jika Anda mengklik Send/Receive pada menu Tools dan Anda memiliki beberapa akun email, Anda bisa memiliki beberapa pilihan untuk menentukan akun email mana yang ingin digunakan.
- Pada bilah alat standar, klik Send/Receive: Jika Anda mengklik tombol Send/Receive pada bilah alat standar, langkah ini sama seperti ketika Anda menekan F9 pada papan tombol.
- Untuk Microsoft Outlook 2002, gunakan pilihan menu Work With Headers. Untuk memilih bekerja dengan kop email daripada email lengkap, gunakan perintah yang terdaftar di bawah Work With Headers yang merupakan sub menu dari Send/Receive pada menu Tools. Untuk Microsoft Office Outlook 2007 dan Outlook 2003, gunakan perintah yang berhubungan dengan kop. Dengan Remote Mail, Anda bisa memindai kop, dan kemudian menandai email mana yang ingin diterima, disalin, atau dihapus. Sementara menggunakan Remote Mail, Anda dapat menulis email dan mengirimkannya ke kotak keluar Anda setiap saat, lalu mengirim dan menerima email saat Anda tersambung ke server email. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyimpan email di server.
2.3. Cara Menggunakan Email dengan Microsoft Office Outlook
Alamat email yang sudah terdaftar dan software Microsoft
Outlook itu sendiri.
Microsoft
Office Outlook yang kita gunakan adalah microsoft office dan alamat email yang kita gunakan
adalah alamat email dengan nama domain kita sendiri.
Jadi alangkah baiknya, kalau kita terlebih dahulu membaca
tentang artikel Cara Membuat Email Account
dengan Nama Domain Sendiri.
Untuk memastikan domain kita dapat diintegrasikan dengan
microsoft outlook, kita dapat mengeceknya dengan cara login ke cpanel ->
email account -> Access Webmail -> Configure Mail Client.
2.4. MembacaEmail
UntukmembacaemailpastikanOutlookberadapadafolder“Inbox”,cukupdobelklikpadapesan yangingindibaca.Pesanakanterbukapadajendelabaru.
Untukmengetahuiadanyapesanbaru,padawindowstoolbar(sudutkiri monitor)akandiberitanda amplopyangdiiringidengansuara“ding”sebagaibunyidefaultuntukemailyangtibapadaOutlook.
2.4 Mengorganisir pesan e-mail
Setelah
anda mendapatkan pengetahuan dasar mengenai bagaimana untuk bekerja dengan
email, maka sekarag anda akan belajar untuk mengorganisisr pesan email agar
anda dapat bekerja dengan lebih efisien
a) Mengatur
Tampilan Pesan E-Mail
Seiring
bertambahnya pesan pada inbox anda, muncul tantangan mengenai bagaimana untuk
mempriotaskan pesan e-mail yang ada. Anda dapat menggunakan Outlook untuk
mengatur bagaimana anda menampilkan, mengelompokkan, dan mengurutkan pesan.
Anda kemudian dengan cepat menentukan pesan mana yang paling penting, pesan
mana yang dapat dihapus, dan menemukan pesan-pesan yang membutuhkan respon
dengan segera. Untuk bereksperimen dengan berbagai pilihan tampilan, pada menu
View, pilih Arrange By, lalu pilih Current View, dan kemudian klik pilihan
tampilan yang anda inginkan.
Untuk
mengatur tampilan pesan e-mail, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Pada
folder Inbox, perhatikan tanda panah kebawah pada column heading Received
2. Klik
Column heading from
3. Klik
column heading from lagi
4. Klik
column heading Size
5. Pada
menu bar pilih View -> Arrange By -> Subject
6. Pada
menu bar pilih View -> Arrange By -> Show in Groups untuk mematikan fitur
pengelompokan
7. Pada
menu bar pilih View -> Arrange By -> Current View -> Unread Messages
in This Folder
8. Pada
menu bar pilih View -> Arrange By
-> Current View -> Messages
9. Pada
menu bar pilih View -> Arrange By -> Current View -> Customize Current
View
10. Klik
tombol Fields
11. Anda
dapat menentukan field mana saja yang ingin ditampilkan dengan cara memilih
dari daftar field ynag tersedia disebelah kiri dan memindahkannya ke daftar
field disebelah kanan
12. Klik
tombol OK
13. Klik
tombol OK
b)
Mencari
dan Mengkategorikan Pesan E-Mail
Untuk
membuat pencarian pesan lebih muda, anda dapat membuat kategori dan menentukan
kategori untuk setiap pesan. Dengan categories, anda mengelompokkan pesan
berdasarkan karakteristik umum. Outlook sudah menyediakan sekumpulan categories
yang dapat anda gunakan, tapi anda juga dapat membuat categories anda sendiri.
Untuk mencari pesan E-Mail, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Pada
toolbar, klik tombol Find
2. Pada
textbox Look for pada Find pane, ketikkan kata yang ingin anda cari, lalu klik
tombol Find Now
3. Untuk
menentukan kategori dari sebuah pesan, klik kanan pada pesan dan klik
Categories pada menu shortcut
4. Pada
daftar Available Categories, pilih kategori untuk pesan anda
5. Pada
Categories dialog box klik Ok
6. Untuk
menampikan kembali semua pesan klik tombol Clear pada Find pada drop down list
7. Pada
window Advanced find, klik pada tab more cholces dan kemudian klik tombol Categories
8. Pada
daftar categori, pilih kategori yang ingin anda cari kemudian pilih OK
9. Klik
tombol Find Now
c) Menggunakan
Search Folder
Search
folder adalah virtual folder. Tiap pesan pada mailbox anda disimpan hanya papda
satu folder Outlook tapi pesan-pesan tersebut dapat muncul pada banyak Search
Folder. Mengubah atau menghapus sebuah pesan pada search forder mengubah atau
menghapus pesan pada folder Outlook dimana pesan tersebut disimpan
Untuk
menggunakan Search Folder, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Klik
tanda plus disebelah Search Folder
2. Klik
folder For Follow Up
3. Klik
folder Large Mail
4. Klik
folder Unread Mail
5. Untuk
membuat search folder baru, klik kanan pada folder Search Folder
6. Pada
daftar Select a search Folder, dibawah Mail from People and Lists, klik Mail
from and to specific people
7. Klik
tombol Choose
8. Pada
daftar Show Names from the, klik Contacts. Lalu pada daftar Name, double klik
nama yang anda inginkan, dan kemudian klik Ok
9. Pada
drop down list Search mail in, pilih folder dimana pencairan dilakukan,
kemudian klik Ok
10. Jika
diperlukan, klik tanda plus disebelah kanan folder search folder dan kemudian
klik search folder baru yang anda buat
11. Untuk
mengubah nama dari search folder, klik kanan search folder tersebut dan
kemudian klik Rename dari menu Shortcut
12. Ketikkan
nama baru untuk search folder tersebut
d) Mengatur
Pesan E-Mail Kedalam Folder
Membuat
folder untuk mengatur pesan-pesan anda dapat membantu menghindari akumulasi
dari pesan-pesan pada inbox anda. Untuk mengatur pesan email kedalam folder,
ikuti langkah-langkah berikut:
1. Pada
menu bar pilih Tools -> Organize
2. Pada
bagian atas dari Ways to Organize pane, klik tombol New folder
3. Pada
textbox Name, ketikkan nama dari folder baru anda
4. Pada
daftar select where to place the folder, pilih folder dimana anda ingin
menampilkan folder baru anda dan kemudian klik Ok
5. Untuk
memindahkan pesan ke suatu folder, pilih beberapa pesan yang ingin dipindahkan,
lalu pada Ways to Organize pane pada combobox Move Message selected below to,
pilih folder kemana pesan yang dipilih akan dipindahkan, kemudian klik tombol
Move
2.5 Bekerja dengan kalender
Mengelola waktu secara efektif
adalah tantangan untuk kebanyakan orang sekarang ini. Calendar dari Microsoft
Office Outlook membuat segalanya mudah untuk mengelola jadwal, baik janji
maupun acara, dan juga untuk menampilkan dan mencetak jadwal untuk sehari,
seminggu, ataupun sebulan.
a) Mengatur
Tampilan Kalender
Untuk
membantu memantau jadwal, dapat menampilkan kalender dengan berbagi cara,
antara lain:
· Day
View (Tampilan hari)
· Work
Week View (Tampilan minggu kerja)
· Week
View (Tampilan minggu)
· Month
View (Tampilan bulan)
Secara
de fault, kalender ditampilkan dalam month view. Untuk mengubah tampilan
kalender, klik tombol toolbar sesuai tampilan yang diinginkan.
Date
Navigator berfungsi sebagai kalender bulanan yang memudahkan untuk menampilkan
jadwal. Untuk menampilkan jadwal menurut tanggal tertentu, cukup mengklik
tanggal tersebut pada Date Navigator. Outlook 2003 menawarkan kalender yang
mencakup Date Navigator, Indikator day/time, dan kemampuan untuk menampilkan
banyak kalender sekaligus. Untuk memilih View, pada menu bar klik view ->
Arrange by -> Current View dan kemudian Klik View yang anda inginkan.
b) Menjadwalkan
Appointment dan Event
Menambahkan
komitmen waktu kedalam kalender dapat membantu mengelola jadwal sehari-hari,
dapat pula menggunakan Outlook Calender untuk menjadwalkan appointment (janji)
yang biasanya memakan waktu tidak sampai satu hari atau event yang biasanya
memakan waktu satu hari penuh. Untuk menjadwalkan appointment dan event, ikuti
langkah-langkah berikut:
· Pada
Navigation Pane, Klik Calendar
· Double
klik pada petak waktu (time slot) dimana anda ingin menjadwalkan appointment
atau event
· Pada
textbox Subject, ketikkan topik appointment atau event
· Isi
semua informasi yang berkaitan dengan appointment atau event yang di jadwalkan
· Secara
devalut, jika mendouble klik time slot pada kalender. From appointment akan
muncul dimana anda bisa mendefinisikan appointment. Untuk mengubah appointment
menjadi event, klik checkbox All day event dan appointment akan berubah menjadi
event
· Jika
diperlukan, anda dapat memberi reminder pada appointment atau event yang anda
buat, anda hanya perlu mengklik checkbox Reminder dan kemudian tentukan waktu
kapan anda ingin diingatkan
· Anda
bisa menentukan appointment maupun event yang anda buat dapat berulang dengan
mengklik tombol Recrurrence pada toolbar
· Pada
area Recurrence pattern anda dapat menentukan pola perulangan yang anda
inginkan. Untuk appointment atau event yang anda buat
· Klik
tombol Ok
· Klik
tombol Save dan Close
c) Bekerja
Dengan Banyak Kalender
Dengan
Outlook 2003, anda dapat menampilkan beberapa kalender sekaligus pada suatu
waktu, dan memindahkan atau mengcopy appointment maupun event antar
kalender-kalender tersebut. Ketika anda menampilkan dan men-scroll beberapa
kalender, semuanya menampilkan tanggal atau periode waktu yang sama.
Untuk
bekerja dengan banyak kalender, ikuti langkah-langkah berikut:
· Pada
menu bar pilih File -> New -> Folder
· Pada
textbox Name, ketikkan nama dari kalender baru
· Pada
combobox Folder contains, pilih Calendar Items
· Pada
kotak Select where to place the folder, pilih folder dimana kalender baru anda
ingin ditempatkan
· Klik
OK
· Ulangi
langkah 1 s/d 5 untuk membuat kalender sebanyak yang anda mau
· Pada
Navigation Pane, klik Calendar
· Anda
dapat memindahkan appointment atau event antar kalender dengan men-drag
appointment atau event tersebut dari kalender yang satu ke kalender yang lain
d) Mencetak
Kalender
Dengan
mencetak Outlook Calender, anda dapat membawa jadwal tersebut kemanapun. Anda
dapat mencetak kalender dalam berbagai format yang disebut print styles. Anda
dapat memilih dari beberapa print style yang disediakan oleh outlook berikut
ini,
· Daily
Style
Mencetak
kalender berdasarkan range tanggal tertentu, kalender mencetak satu hari
perhalaman. Elemen yang dicetak meliputi tanggal, hari TaskPad dan referensi
kalender bulanan bersama dengan area untuk catatan
· Weekly
Style
Mencetak
kalender berdasarkan range tanggal tertentu, kalender mencetak satu minggu
perhalaman. Elemen yang dicetak meliputi referensi kalender untuk bulan itu dan
bulan lainnya.
· Monthly
Style
Mencetak
kalender berdasarkan range tanggal tertentu, kalender mencetak satu hari
perhalaman. Tiap halaman menampilkan rentang enam minggu yang meliputi satu
bulan, dan juga referensi kalender untuk bulan itu dan bulan berikutnya
· Tri-fold
Style
Mencetak
kalender berdasarkan range tanggal tertentu, kalender mencetak satu hari
perhalaman. Elemen yang dicetak meliputi jadwal harian, jadwal mingguan, dan
TaskPad
· Calendar
Details Style
Mencetak
kalender berdasarkan range tanggal tertentu. Elemen yang dicetak meliputi
appointment beserta detailnya
Untuk
mencetak kalender, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Dengan
Calendar anda tampil pada Outlook, pada toolbar klik tombol Print
2. Pilih
kalender yang ingin dicetak pada comboox Print this calendar
3. Pilih
format pencetakan pada daftar Print style
4. Tentukan
range tanggal yang ingin dicetak pada area Print range
5. Klik
OK
2.6 Mengelola Meeting
Microsoft
Office Outlook 2003 dapat membantu menangani tugas berat dalam mengatur
meeting. Anda dapat mengatur meeting yang diadakan pada tempat/lokasi tertentu
maupun meeting yang diadakan secara online. Anda dapat melihat kalender dari
peserta untuk mengecek ketersediaan mereka. Anda juga dapat mengirim undangan
meeting dan memantau respon peserta. Dan seiring dengan berubahnya jadwal, anda
dapat mengubah atau membatalkan meeting yang sudah dijadwalkan. Jika anda ingin
orang lain tahu mengenai jadwal anda, anda dapat menerbitkan Outlook Calendar
ke Internet dan membuatnya tersedia bagi kolega, teman, dan keluarga yang
membutuhkan informasi tersebut. Jika anda tidak ingin membagi semua detail dari
kalender, anda bisa menerbitkan hanya informasi mengenai kapan anda sibuk dan
tidak sibuk.
a) Menjadwalkan
Meeting
Dengan
outlook, anda dapat menjadwalkan meeting, mengundang peserta, dan memesan
resource seperti ruang konferensi ataupun peralatan, untuk memilih sebuah
tanggal dan waktu untuk meeting, anda dapat mengecek ketersediaan dari peserta
dan resource dengan melihat informasi free/busy mereka. Anda juga dapat
membiarkan outlook memilih waktu meeting untuk anda. Anda dapat menentukan
apakah kehadiran pada setiap para peserta diperlukan atau tidak. Outlook
menggunakan informasi ini ketika mencari waktu meeting dengan memprioritaskan
waktu yang dapat dihindari oleh semua peserta required dan kebanyakan peserta
optional.
Untuk
menjadwalkan meeting, ikuti langkah-langkah berikut:
· Pada
menu bar pilih Actions -> Plan a Meeting
· Klik
tombol Add Others, dan pada drop down list, klik Add from Address Book. Select
Attendees and Resources dialog box muncul dengan nama anda pada textbox
Required
· Klik
combobot Show Names From the. Dan kemudian klik Contacts
· Pada
daftar, pilih contacs yang ingin anda jadikan peserta meeting
· Jika
contact yang anda pilih harus hadir pada meeting, klik tombol Required
· Jika
contact yang anda pilih tidak harus hadir pada meeting, klik tombol Optional
· Jika
contact yang anda pilih bertanggung jawab atas resource yang ingin anda pesan,
klik tombol Resource
· Klik
OK
· Tentukan
Meeting start time dan meeting end time
· Klik
tombol Make Meeting
· Isikan
semua informasi yang berhubungan dengan meeting tersebut
· Klik
tombol send untuk mengirim meeting request kepada peserta
· Pada
plan a meeting dialog box, klik tombol Close
b) Merespon
Permintaan Meeting
Sama seperti anda bisa mengirim
meeting request, orang lain juga dapat mengirim meeting request kepada anda.
Ketika anda menerima meeting request anda dapat merespon dengan salah satu dari
empat cara berikut:
· Anda
dapat menerima request dan memberitahukan pengirim bahwa anda akan hadir.
Meeting yang anda terima secara otomatis dimasukkan pada kalender anda
· Anda
dapat secara sementara menerima request yang menunjukkan bahwa anda mungkin
dapat menghadiri meeting. Meeting yang anda terima secara sementara juga
dimasukkan ke kalender anda, tapi informasi free/busy akan menunjukkan bahwa
anda dijadwalkan secara sementara untuk waktu tersebut
· Anda
dapat mengusulkan waktu meeting yang baru, dimana permintaan tersebut ditujukan
kepada meeting organizer untuk dikonfirmasi. Kalender anda menampilkan waktu
meeting baru yang diusulkan sebagai dijadwalkan secara sementara
· Anda
dapat menolak meeting, dimana request tersebut dihapus dan tidak dimasukkan
kekalender anda. Ketika anda menolak meeting. Ada dapat memilih supaya Outlook
memberitahukan kepada orang yang mengirim request tersebut
Untuk
merespon permintaan meeting, ikuti langkah-langkah berikut:
· Buka
meeting request yang ingin anda respon
· Untuk
menampilkan meeting pada kalender anda sebelum anda merespon, klik tombol
Calendar pada toolbar
· Pada
window kalender, klik tombol Close
· Pada
meeting from, klik tombol Accept pada toolbar untuk menerima meeting request
· Pada
meeting form, klik tombol Tentative pada toolbar untuk menerima meeting request
secara sementara
· Pada
meeting from, klik tombol Decline pada toolbar untuk menolak meeting request
· Ketika
menerima atau menolak meeting, anda dapat memilih untuk mengirim respon
standar, mengirim respon yang anda tulis sendiri, atau tidak mengirim respon
Untuk
mengusulkan waktu meeting yang baru, ikuti langkah-langkah berikut:
· Pada
Inbox, klik kanan pada meeting request dan kemudian klik Propose New Time pada
menu shortcut
· Tentukan
usulan waktu meeting yang baru
· Klik
tombol Propose Time
c) Mengubah
dan Membatalkan Jadwal Meeting
Jadwal
seseorang dapat bergeser setiap saat, oleh karena itu Outlook membuat mudah
bagi anda untuk mengubah atau membatlkan jadwal meeting. Selain itu anda juga dapat menambahkan atau atau
mengeluarkan orang lain dari peserta. Untuk mengubah dan
membatalkan jadwal meeting, ikuti lankah-langkah berikut:
· Buka
meeting request yang sudah anda kirimkan kepeserta
· Ubah
informasi meeting sesuai dengan keinginan anda
· Untuk
menginformasikan perubahan yang terjadi kepada semua peserta, klik tombol Send
Update pada toolbar
· Pada
menu Actions, klik Cancel Meeting untuk membatalkan meeting
· Dengan
option Send cancellation anda delete meeting terpilih, klik OK
· Pada
toolbar klik tombol Send
2.7.Bekerja dengan Task
Task adalah sebuah
tugas (pekerjaan yang harus dilakukan) yang ingin anda pantau hingga tugas itu
selesai. Task dapat terjadi hanya sekali atau berulang kali (recurring task).
Recurring task dapat berulang pada interval yang teratur atau berulang
berdasarkan tanggal dimana anda menandai task tersebut telah selesai.
Untuk membuat task, langkah-langkahnya
sebagai berikut:
1.

Pada
menu bar pilih file new task



2.
Pada textbox Subject ketik nama task
3.
Lengkapi informasi lain pada tab Task
dan Details
4.
Untuk membuat task
berulang, klik tombol Recurrence pada toolbar

5.
Pada area Recurrence Pattern, klik pola
perulangan yang di inginkan (daily, weekly, monthly, yearly) untuk task
tersebut, dan kemudian lakukan salah satunya:
· Membuat
task berulang pada interval yang teratur
Pilih option untuk perulangan yang
anda pilih. Jangan klik Regenerate new task, atau task anda tidak akan berulang
pada interval yang teratur.
· Membuat
task berulang berdasarkan tanggal selesainya
Klik Regenerate new task, ketik
periode waktu pada textbox.
6.
Jika diperlukan, anda bisa menentukan
tanggal awal dan akhir dari untuk task pada area Range of Recurrence
7.
Klik OK dan klik Save and Close
Menugaskan Task
Task
request adalah permintaan yang dikirim melalui pesan e-mail yang meminta kepada
penerima pesan untuk menyelesaikan sebuah task. Orang yang menerima task
request menjadi pemilik sementara dari task tersebut.
Tindakan yang
dapat dilakukan oleh penerima task request adalah:
· Menolak
task request
Jika penerima menolak task request,
task tersebut dikembalikan kepada anda. Anda masih harus meng-klaim kembali
kepemilikan dari task tersebut dengan mengembalikannya ke daftar task anda.
· Menerima
task request
Jika penerima menerima task
request, penerima menjadi pemilik dari task tersebut.
· Menugaskan
task request kepada orang lain
Jika penerima menugaskan task
request kepada orang lain, penerima yang baru akan menjadi pemilik dari task
tersebut.
Untuk menugaskan task kepada orang lain,
maka langkah-langkahnya:
1.

Pada
menu bar pilih File new task request


2.
Pada
textbox To, isi alamat e-mail dari orang yang ingin anda tugasi task. Anda
dapat mengisikan alamat e-mail secara manual dengan mengetikkannyapada textbox
atau klik To dan cari alamat e-mail melalui address book anda.
3.
Isi semua informasi yang berkaitan
dengan task yang ingin anda tugaskan.
4.
Untuk membuat task berulang, klik
Recurrence pada toolbar.
5.
Tentukan pola perulangan yang anda
inginkan dan klik OK
6.
Klik Send untuk mengirim
Jika penerima menolak task anda maka
anda dapat menugaskan kepada orang lain dengan cara:
1.
Pada daftar task, buka task yang ditolak
2.
Klik Assign Task
3.
Pada
textbox To isi alamat e-mail dari penerima task yang baru
4.
Klik Send untuk mengirim task tersebut
Jika anda ingin menugaskan task yang
orang lain tugaskan kepada anda, langkah-langkahnya:
1.
Pada daftar task anda, buka task yang
anda terima
2.
Klik Assign Task
3.
Pada
textbox To isi alamat e-mail dari penerima task yang baru
4.
Klik Send untuk mengirim task tersebut
2.8. Bekerja dengan Notes
Notes sama seperti
kertas catatan tempel (sticky notes). Notes digunakan untuk menulis pertanyaan,
ide, pengingat,dan hal lain yang dapat anda tulis pada selembar kertas. Notes
juga dapat dibiarkan terbuka pada layar monitor dan biasanya berguna untuk
menyimpan informasi yang nanti mungkin anda butuhkan.
Langkah-langkah membuat Notes:
1.

Pada
menu bar pilih File New Notes


2.
Ketik teks yang diinginkan
3.
Untuk menutup Notes ketik tanda silang
di bagian kanan atas dari note.

Mengubah Tampilan Notes
Untuk mengubah warna default, font, dan
ukuran dari note, langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.
Pada
menu bar pilih Tools Options


2.
Pada tab Preferences pada area Notes,
klik Note Options

3.
Atur warna, ukuran, dan font sesuai
keinginan dan klik OK
Untuk mengubah warna note yang aktif,
langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.
Pada bagian kiri atas dari window note,
klik icon note
2.
Arahkan ke Color, dan pilih warna yang
diinginkan
Untuk menyembunyikan tanggal dan waktu
pada tampilan note, langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.
Pada
menu bar pilih Tools Options

2. Pada
tab Other pada area general, klik Advanced Options

3. Pada
area Appearance Options, klik checkbox When viewing notes, show time and date.
BAB III
PENUTUPAN
3.1 . Kesimpulan
Di era globalisasi ini sangat di
perlukan khususnya bagi pelajar untuk menguasai ilmu computer seperti Ms.
Office (Word, Exeel dan Power Point, maupun outlook).Para siswa minimal harus
tahu cara mengoprasikan computer terutama Ms. Office termasuk didalam bab
outlook ini .Ms.Office sebagai salah satu ilmu computer yang paling banyak
dioprasikan diseluruh dunia.
3.2. Saran
perkembangan dunia di eraglobalisasi ini memang banyak
menuntut perubahan ke system pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu
bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satunya adalah ilmu computer
yang harus dilakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan
Negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih
dahulu.
Untuk mewujudkan impian tersebut maka penulis merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms.
Word ini sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi pembacanya.
Semoga dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengeti lagi mengenai apa itu
computer dan Ms. Word.
DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Office
http://nurhidayatdayat34.blogspot.com/2013/01/makalah-microsoft-wordmicrosoft_4.html
www.2.ukdw.ac.id/kuliah/s1/514012/materi/pp/pdf.
http://ahmadbarkah1.blogspot.com/2013/01/macam-macam-microsoft-office.html
Solihat
Fitriyanty,Sejarah perkembangan microsoft
office,Bandung:2012.
http://satriapiningitjawa.blogspot.com/2012/12/makalah-sejarah-perkembangan-microsoft.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar